PayPal dan eBay Menuntut Google atas ‘Dompet’ Mobile

Google pada hari Jumat (27 Mei 2011) menolak tuduhan bahwa ia menguak rahasia perdagangan PayPal untuk membangun aplikasi mobile baru yang mengubah smartphone menjadi dompet elektronik.

Selama pembukaan “Google Wallet” (Dompet Google) pada hari Kamis (26 Mei 2011), eBay dan PayPal mengajukan gugatan terhadap si raksasa Internet yang telah menyadap cara layanan transaksi keuangan online untuk proyek pembayaran mobile.

eBay & Pay.Pal vs Google

PayPal menghabiskan tiga tahun untuk mencoba membuat kesepakatan di mana ia akan menangani pembayaran pada smartphone Android, yang ternyata perundingannya malah dijegal Google yang mempekerjakan kepala negosiator PayPal Osama Bedier, menurut dokumen pengadilan.

“Silicon Valley dibangun pada kemampuan individu untuk menggunakan pengetahuan dan keahlian mereka untuk mencari kesempatan kerja yang lebih baik, sebuah ide yang diakui oleh hukum California dan kebijakan publik,” kata juru bicara Google AFP.

“Kami menghormati rahasia dagang, dan akan mempertahankan diri terhadap tuntutan tersebut.”

Bedier bekerja di unit pelayanan keuangan online milik eBay sebagai wakil presiden platform, mobile, dan usaha-usaha baru sampai dipekerjakan pada Januari oleh Google.

Ia memainkan peran sentral pada pembukaan resmi Google Wallet pada hari Kamis dengan para mitra keuangan Citibank, MasterCard dan First Data dan sekutu telekomunikasi Sprint.

“(Bedier) memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kemampuan PayPal, strategi, rencana, dan intelijen pasar mengenai pembayaran mobile dan teknologi yang terkait,” kata gugatan itu.

“Dia sekarang memimpin usaha Google untuk membawa titik teknologi penjualan dan layanan kepada pengecer atas namanya.”

Google Wallet sedang diuji di lapangan dan dapat digunakan tahun ini.

Google Wallet awalnya akan bekerja dengan smartphone Nexus S 4G Google dari Sprint, penyedia wireless AS terbesar ketiga, dan akhirnya akan diperluas ke ponsel lain yang dilengkapi dengan teknologi komunikasi lapangan dekat (NFC = near field communication).

Chip NFC dalam telepon memungkinkan pengguna yang telah memasuki rincian kartu kreditnya untuk “tap dan bayar” (tap-and-pay) atas pembelian di kasir yang telah dilengkapi dengan sistem PayPass dari CitiMasterCard.

Pelanggan juga dapat menggunakan kartu prabayar Google (Google Prepaid) untuk membayar atas pembelian dan mendapatkan keuntungan dari penawaran Google (Google Offers), Mountain View, program kupon diskon online dari perusahaan yang berbasis di California.

Perusahaan itu mengatakan bahwa Google Wallet akan diterima di lebih dari 124.000 pedagang (merchant) AS pada peluncuran dan lebih dari 311.000 di seluruh dunia.

Stephanie Tilenius, wakil presiden Google untuk perdagangan dan pembayaran, menggambarkan Google Wallet sebagai “generasi berikutnya dari mobile commerce.”

Gugatan PayPal berpendapat bahwa Tilenius yang membantu Bedier serta para eksekutif dan perusahaan internet yang keduanya bernama baik sebagai terdakwa dalam perkara perdata yang menduga adanya penyalahgunaan rahasia dagang.

Pembayaran mobile sedang diuji atau sudah digunakan di sejumlah negara, terutama Perancis dan Jepang, namun Google Wallet akan menjadi salah satu yang pertama membawa teknologi NFC ke toko-toko di Amerika Serikat.

Teknologi NFC menggunakan wireless jarak pendek berfrekuensi tinggi untuk mengaktifkan pertukaran informasi yang terenkripsi antar perangkat pada jarak yang pendek.

Google mengatakan bahwa ia telah membangun sistem keamanan pada Google Wallet termasuk kebutuhan untuk nomor PIN dan enkripsi kartu kredit. Jika hilang, sistem pembayaran dapat dinonaktifkan dengan panggilan telepon.

Sumber: Yahoo!® News

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in news and tagged , , . Bookmark the permalink.