Makanan Awet Muda

Hidup sehat adalah salah satu kunci dari panjang umur. Untuk hidup sehat, kita tentu memerlukan nutrisi yang baik dan sehat pula. Inilah beberapa jenis makanan yang diklaim berkhasiat membuat awet muda dan tetap sehat.

Minyak Zaitun

Olive Oil

Lemak tak jenuh dengan rantai tunggal (monounsaturated) dalam minyak zaitun bermanfaat untuk menekan risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polyphenol, antioksidan kuat yang bisa mencegah jenis penyakit akibat penuaan.

Yogurt

Cherry Yogurt

Meskipun kekuatan yogurt dalam memperpanjang usia belum pernah terbukti secara langsung, yogurt adalah makanan yang kaya kalsium yang dapat mencegah osteoporosis. Selain itu, yogurt juga mengandung bakteri baik yang mempertahankan kesehatan pencernaan serta mengurangi risiko mengidap penyakit usus yang berkaitan dengan usia.

Ikan

Grilled Fish

Ikan mengandung banyak lemak omega-3 yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan penyumbatan dalam pembuluh darah serta mencegah ritme jantung abnormal.

Cokelat

Chocolate Cake

Kokoa kaya akan flavanol, antioksidan yang dapat membantu memperlancar peredaran darah. Menjaga kesehatan pembuluh darah berarti menekan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan demensia.

Kacang

Peanut

Kacang dikenal kaya akan lemak tidak jenuh, sehingga makanan ini menawarkan manfaat serupa dengan minyak zaitun. Kacang juga mengandung beragam vitamin, mineral dan zat phytochemical termasuk antioksidan.

Anggur

Grape Salad

Minum alkohol dalam jumlah moderat diklaim dapat melindungi dari penyakit jantung, diabetes dan kepikunan. Banyak jenis minuman beralkohol yang bisa mendatangkan manfaat tersebut, tetapi banyak penelitian yang memfokuskanya pada anggur merah. Anggur merah mengandung resveratrol, zat yang diperkirakan mendatangkan berbagai manfaat tersebut.

Blueberry

Blueberry Salad

Kandungan dalam blueberry diduga dapat mengurangi penurunan daya ingat dan kemampuan motorik saat lanjut usia.

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in food and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Makanan Awet Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *