Atasi Masalah Kesehatan Paling Memalukan

Pernahkah anda mengalami masalah kesehatan yang membuat anda kehilangan rasa percaya diri bahkan membuat anda terlalu malu untuk pergi ke dokter? Jika pernah, anda tidak sendiri. Banyak orang yang mengalami masalah kesehatan yang membuat mereka malu, mulai dari napas bau hingga penyakit menular seksual. Berikut 8 masalah kesehatan yang paling sering mengikis habis rasa percaya diri penderitanya beserta cara menanganinya.

Napas Bau

Napas bau paling sering terjadi di pagi hari, khususnya jika anda tidur dengan mulut terbuka. Tapi beberapa orang mengalami masalah ini secara terus-menerus, sehingga berdampak jelas pada kehidupan sosial mereka.

Napas Bau

Penyebab : Dehidrasi, sakit gigi, infeksi gusi atau terlalu banyak alkohol. Meskipun kasusnya jarang, masalah ini bisa juga disebabkan oleh adanya masalah pada sinus dan paru-paru.

Pengobatan : Gunakan sikat gigi yang baru dan jangan lupa juga menggosok lidah. Berhentilah merokok dan kurangi asupan kopi serta perbanyak minum air putih. Hal ini bisa memperbaiki aliran air liur (saliva). Jika tetap tidak ada perbaikan, segera periksakan diri ke dokter.

Masalah Kulit

Masalah kulit mungkin membuat anda merasa kalau semua orang sedang memandangi anda. Padahal masalah kulit biasanya tidak terlalu diperhatikan oleh orang lain, tetapi jadi fokus pikiran bagi anda. Jerawat dan eksem merupakan 2 masalah kulit yang paling sering membuat sebagian besar orang malu dan tidak percaya diri.

Masalah Kulit

Penyebab : Jerawat, penebalan kulit atau kulit gatal.

Pengobatan : Jerawat biasanya bisa diatasi dengan obat yang tersedia di pasaran. Mintalah pendapat apoteker untuk mendapatkan jenis yang tepat. Jika masalah terus berlanjut, berkonsultasilah dengan pakar dermatologi.

Keringat Berlebih

Keringat Berlebih

Penyebab : Pengeluaran keringat cenderung terjadi jika anda kelebihan berat badan, minum atau makan banyak makanan pedas atau saat anda sedang menjalani masa pubertas.

Pengobatan : Turunkan berat badan anda, kurangi konsumsi makanan pedas dan gunakan anti-perspirant. Jika belum berhasil, berkonsultasilah dengan dokter.

Rona Merah

Pipi tentunya akan memerah jika berada di bawah sinar matahari. Akan tetapi pada beberapa orang, rona merah cerah di pipi tetap bertahan saat berada di tempat teduh, bahkan kadang-kadang tanpa alasan tertentu.

Rona Merah

Penyebab : Kilas panas biasanya merupakan gejala menopause. Beberapa orang juga merasakan kilasan panas dengan pipi memerah jika mereka mengkonsumsi monosodium glutamat.

Pengobatan : Jika masih remaja, anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengurangi konsumsi makanan pedas, alkohol, minuman panas serta berpakaian tebal.

Obesitas

Obesitas

Penyebab : Anda pastinya sudah tahu kalau obesitas disebabkan oleh konsumsi kalori yang lebih besar dibandingkan kalori yang dibakar. Tapi obesitas kadang-kadang disebabkan oleh masalah lain seperti pengobatan menggunakan steroid atau kelenjar tiroid yang tidak aktif.

Pengobatan : Jika olahraga dan pembatasan kalori tidak berhasil, berkonsultasilah dengan dokter.

Masalah Buang Angin

Rata-rata orang buang angin 12 kali sehari. Akan tetapi, terlalu sering buang angin bisa menandakan adanya masalah kesehatan lainnya.

Masalah Buang Angin

Penyebab : Jika anda sering buang angin disertai dengan sakit perut, mungkin anda mengalami iritasi usus atau infeksi seperti gastroenteritis. Sama seperti diare, infeksi pada anak misalnya akibat rotavirus merupakan penyebab yang paling umum. Sedang pada orang dewasa seringkali diakibatkan oleh kemungkinan keracunan makanan atau mungkin juga kanker usus.

Pengobatan : Untuk mengatasi angin, makanlah lebih lambat untuk menghindari kemungkinan menelan udara. Jika gejala tetap berlangsung, berkonsultasilah dengan dokter.

Impotensi

Impotensi merupakan salah satu masalah yang paling memalukan bagi laki-laki. Karena itu laki-laki lebih senang mencari pengobatan dengan browsing di internet dibandingkan berkonsultasi dengan dokter. Jika hanya terjadi 1 atau 2 kali, mungkin bukan masalah besar. Tapi jika anda sama sekali tidak bisa lagi mengalami ereksi, maka masalahnya pasti lebih besar.

Impotensi

Penyebab : Kecemasan mungkin menurut anda hanya masalah sederhana. Tapi kecemasan bisa mempengaruhi fisik dengan cara menyumbat arteri. Hal ini juga bisa berlaku pada pembuluh darah organ vital anda, termasuk jantung. Jadi ini bukan hanya masalah kehidupan seksual tapi juga termasuk masalah serius lainnya seperti penyakit jantung.

Pengobatan : Berkonsultasilah dengan dokter. Dokter akan memeriksa tekanan dan kadar gula darah sebelum melakukan penanganan selanjutnya. Selain itu, anda juga bisa membantu diri sendiri dengan berhenti merokok dan mengurangi minum alkohol.

Penyakit Menular Seksual

Hal ini sudah sering terjadi sebelumnya, jadi anda tidak perlu malu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala seperti adanya sensasi panas saat buang air seni, munculnya bintik merah atau kutil di alat vital atau mengalami perdarahan setelah melakukan hubungan seksual.

Penyakit Menular Seksual

Penyebab : Ada beragam penyebab termasuk chlamydia, gonorrhoea dan HPV (human papilloma virus).

Pengobatan : Periksalah ke spesialis kelamin, dengan begitu anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in health, tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Atasi Masalah Kesehatan Paling Memalukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *