Tidak Ada Ampun Bagi Blogger Misterius

Pengadilan tinggi di Inggris baru saja menangani sebuah kasus mengenai blog misterius yang bermasalah. Misterius karena pembuatnya memakai nama samaran dan bermasalah karena konten-konten yang ia tulis tergolong konten-konten berbahaya.

Blogger Misterius

Kini, topeng dari blogger misterius tersebut terkuak sudah. Orang yang berhasil memunculkan tanda hati-hati bagi para blogger di Inggris tersebut ialah seorang detektif bernama Det Con Richard Horton.

Pria 45 tahun ini mulai ngeblog sejak Februari 2008 lalu dengan nama “Night Jack-An English Detective“. Apa saja yang ia tuliskan ke dalam blog misteriusnya? Banyak hal, terkait dengan profesi yang ia sandang.

Berbagai informasi penting tentang kasus yang ia tangani, opini-opini mengenai isu-isu sosial dan politik yang berhubungan dengan polisi, kritikan terhadap para menteri, hingga tips-tips jika seseorang menjadi sasaran investigasi polisi, ia beberkan di blognya tersebut.

Tentu saja hal ini membuat sejumlah pihak meradang. Namun sebelum surat kabar The Times mengekspos blognya ke permukaan, tak ada yang tahu siapa pemilik blog tersebut.

The Times memunculkan blog ini ke medianya dikarenakan keberhasilan Night Jack memenangkan penghargaan spesial di upacara Orwell Prize April lalu untuk bidang penulisan berbau politik.

Perintah Richard Horton untuk mencegah The Times menguak identitasnya, ternyata tak senada dengan keputusan pengadilan. Para juri di pengadilan tinggi di Inggris tak memberi ampun dan perlindungan kepada Horton yang membawa kasus ini ke hadapan mereka.

Pengadilan mengeluarkan pernyataan keras bahwa ngeblog merupakan kegiatan publik dan bukanlah kegiatan pribadi. Mereka tak akan lagi memberi perlindungan pada para blogger jika terjadi kasus serupa.

Akibatnya, blog yang sempat dibaca oleh 500.000 orang setiap minggunya itu telah disingkirkan dari internet dan Horton sendiri mendapatkan peringatan tertulis dari aksinya itu.

Maka sebaiknya anda para blogger selalu mengingat policy/kebijakan blog yang telah anda baca setiap kali sebelum anda melakukan post. Hal ini disarankan demi kebaikan kita bersama. Karena kriminal adalah tetap kriminal baik itu sengaja maupun tidak sengaja. Kalau sampai anda terlibat seperti Horton di atas, kacau kan?

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in IT and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Tidak Ada Ampun Bagi Blogger Misterius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *