Air Dingin Menguruskan Badan

Ada fakta yang bakal mengejutkan bahwa air dingin justru dapat membantu  menguruskan badan. Bagaimana ini bisa terjadi?

Air Dingin

Walaupun air es dan air biasa berjumlah kalori sama, tetapi tubuh kita memerlukan energi untuk menghangatkan air es yang masuk ke tubuh kita (air es tersebut dihangatkan di dalam tubuh karena tidak pernah ditemukan air seni dingin seperti air es). Air es dianggap suhunya 0°C. Harus dihangatkan sampai sekitar suhu tubuh kita yaitu 37°C.

Penghangatan ini memerlukan sekitar 67 kalori untuk 2 liter/8 gelas air es yang kita minum setiap harinya (setiap hari kita dianjurkan minum air 2 liter untuk kesehatan tubuh). Jadi, apabila anda minum air es 2 liter per hari, ternyata anda membuang 67 kalori per hari.

Tetapi yang perlu anda ingat, air es tidak baik diminum apabila anda sedang menderita radang tenggorokan, batuk, sakit maag atau tidak enak badan. Karena air es akan merangsang kerongkongan yang meradang dan lambung yang kosong, sehingga akan memperlama proses penyembuhan radang dan memicu terjadinya sakit maag.

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in tips and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Air Dingin Menguruskan Badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *