Makanan Anti-Stres

Stres terbukti bisa mengarah ke berbagai macam gangguan fisik. Jadi sebaiknya anda memiliki manajemen stres yang baik. Saat anda sedang merasa kecewa, tertekan, sedih dan hampir meledak karena jengkel, cobalah raih beberapa jenis makanan ini. Mengemil makanan berikut ini bisa membantu mengurangi perasaan stres dan membuat mood kembali membaik.

Jeruk

Orange

Penelitian psikofarmalogi di Jerman menyatakan bahwa vitamin C dapat mengurangi stres. Vitamin C juga mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke level yang normal setelah situasi yang menegangkan. Selain itu, vitamin C juga terkenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kentang Manis

Sweet Potato

Kentang manis dapat mengurangi stres karena makanan ini memberikan anda suplai karbohidrat dan gula. Dua jenis makanan yang (tanpa disadari) biasanya diinginkan dalam keadaan tertekan. Selain itu makanan ini dipenuhi oleh nutrisi betakarotin dan vitamin lainnya. Kandungan seratnya juga membantu tubuh anda memproses karbohidrat secara perlahan dan stabil.

Aprikot

Apricot

Aprikot sangat kaya magnesium yang merupakan pembunuh stres dan juga zat yang bisa membuat otot rileks.

Almond, Pistachio, Walnut

Almond, Pistachio, Walnut

Ketiga jenis kacang-kacangan ini mengandung vitamin B dan E yang bisa membantu meningkatkan kandungan sistem imun. Selain itu, walnut dan pistachio bisa menurunkan tekanan darah. Ketiga jenis kacang-kacangan ini banyak terdapat di dalam coklat batangan.

Kalkun

Turkey

Kalkun yang populer di negara-negara maju ini mengandung asam amino yang disebut L-tryptophan. Asam amino itu memicu pelepasan serotonin, hormon yang mengirimkan ‘pesan’ perasaan nyaman dan gembira di otak. Ini adalah alasan mengapa orang yang makan kalkun olahan merasa rileks. L-tryptophan memang terbukti memiliki efek menenangkan.

Bayam

Spinach

Tubuh yang kekurangan magnesium dapat menyebabkan migren, sakit kepala atau perasaan lelah. Satu cangkir bayam dapat memberikan 40 persen dari kebutuhan harian magnesium anda.

Salmon

Salmon

Makanan yang kaya asam lemak omega 3 bisa melindungi anda dari penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan oleh Diabetes & Metabolism menemukan bahwa omega 3 bisa menghambat pertumbuhan hormon kortisol yang menyebabkan stres serta peningkatan tekanan darah.

Alpukat

Avocado

Lemak tak jenuh ganda dan potasium di dalam buah alpukat bisa membantu menurunkan tekanan darah. Menurut The National Heart, Lung and Blood Institute, salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi cukup potasium. Alpukat memiliki kandungan potasium yang cukup banyak. Pisang juga, tapi tidak sebanyak alpukat.

Sayuran Berwarna Hijau

Brocolli

Brokoli, kangkung dan sayuran lain yang berwarna hijau tua adalah sayuran yang sangat bermanfaat menurunkan stres, karena kandungan vitaminnya yang melimpah dapat ‘mengisi ulang’ energi tubuh yang terkuras saat pikiran dalam keadaan tertekan.

Cemilan

Snack

Makan makanan porsi kecil sepanjang hari juga bisa membantu meredakan stres, karena dapat membuat kadar gula darah stabil. Ketika gula darah menurun, energi untuk beraktivitas secara mental, fisik dan emosional akan menurun juga, sehingga stres meningkat.

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in food and tagged , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Makanan Anti-Stres

  1. rethia says:

    huaa,,gw suka yg potato crips,,hahah
    henn,,pnya u uda bagus,,gk ngerti nih,,wkwk

  2. tjiahendra says:

    Haha… dasar!
    Cemilannya emang keliatan menggoda banget 😛

  3. Artikelnya mantap gan… Perlu dibaca oleh kita semua, karena semakin tua umur bumi ternyata semakin meningkat juga kadar stress penduduk bumi… hehehe nyambung ngga ya :p

  4. wan says:

    gw suka semuanya terutam jeruk,nyam..nyamm

  5. tjiahendra says:

    Haha… 😀 harus makan sayur juga.

  6. tjiahendra says:

    Haha… maksudnya semakin banyak masalah kan? Nyambung kog. Hehe… 😛

  7. tjiahendra says:

    Haha… sama 😛

  8. Garmin says:

    huyy all..lam knal yaa..

  9. tjiahendra says:

    Salam kenal juga 🙂

  10. agnez says:

    wah,,,, ternyata aq baru tau ni kalo jeruk juga anti stress..

  11. HW says:

    Yup, Vitamin C memang luar biasa. 😀

  12. rie says:

    yup,perlu dicoba soale aku srg strees,sumpekkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *