10 Kesalahan Besar Blog

  1. Halaman dipenuhi banner besar di bagian depan. Sesuatu yang gawat tapi sering saya lihat. Ketika seseorang melihat halaman depan blog anda, mereka mau tahu apa yang anda sediakan di sana. Banner di tiap halaman usahakan jangan lebih dari 250 pixel.
  2. Penggunaan Javascript seperti orang mabok mau pamer otot. Mentang-mentang anda memiliki kemampuan memasukkan Javascript keren ke halaman blog anda, jangan lakukan. Yang paling penting, jangan ada JS yang bersifat dekoratif. Saya pernah lihat blog yang memiliki jam bergerak di samping kursor, salju turun dan halaman bergoncang-goncang setiap 20 detik. Hilangkan semua itu.
  3. Menggunakan frame. Jangan gunakan frame untuk blog anda. Mengapa? Pertama, karena bila ada frame, seseorang tidak bisa membookmark suatu halaman (karena yang terbookmark hanya frame saja, tidak termasuk navigasi dsb). Kedua, search engine seperti google bisa bermasalah. Ketiga, jelek!
  4. Animasi Flash sekedar agar keren. Flash adalah sebuah inovasi bagus, bila digunakan dengan tepat. Tapi jangan gunakan untuk animasi-animasi yang berkelap-kelip, bergoyang-goyang dan melakukan apa saja, termasuk mengusir pengunjung anda. Saya tidak peduli dengan teks bergoyang-goyang anda itu, kecuali membuat saya merasa bahwa blog anda tidak berkualitas. Terutama hindari Flash untuk menu, karena search engine tidak bisa mengikuti link tersebut ke halaman anda yang lain.
  5. Warna berkontras sampai bisa epilepsi. Jangan gunakan teks kuning di atas merah, biru di atas ungu atau semacamnya. Juga jangan gunakan warna terlalu berdekatan, abu-abu muda di putih misalnya. Hati-hati juga dengan penggunaan tekstur/pola. Jangan tampilkan teks di atas suatu pola, kecuali telah didesain dengan tepat (misalnya menggunakan teks besar dengan glow di sekitarnya).
  6. Jangan paksa saya! “Berikan vote kepada kami, sebelum masuk ke blog!” Wah, saya datang ke blog anda mencari informasi atau layanan, bukan mencari cara untuk membuat anda terkenal. Ingat, blog anda ada untuk pengunjungnya, bukan untuk anda.
  7. Hiasan tidak penting. Hal seperti misalnya muka anda di halaman depan dan semacamnya. Siapa yang perlu melihat detail muka anda? Yang diinginkan pengunjung adalah kualitas konten yang ada di blog anda. Cukup dengan informasi jelas mengenai diri anda dan foto diri ada yang ukurannya tidak sebesar layar komputer di page “about me”.
  8. Halaman “coming soon”. Ayolah, saya tahu anda memiliki informasi bagus untuk saya. Bila tidak, saya akan pergi. Jangan tawarkan sesuatu yang belum selesai, karena itu hanya akan mengecewakan pengunjung anda.
  9. Navigasi tidak jelas. Banyak orang menyukai metafora di blognya. Namun, itu bukan ide bagus. Jika ada halaman berisi artikel, berikan nama “artikel”, jangan “sumber info” atau “gudang ilmu”. Langsung saja to-the-point, karena itu membingungkan bagi pengunjung yang baru pertama kali tiba.
  10. Iklan layaknya papan pengumuman. Saya mengerti kalau blog memerlukan dana. Tapi hati-hati dengan iklan itu! Blog yang sebenarnya bisa bagus dapat rusak hanya karena adanya iklan.

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in tips and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to 10 Kesalahan Besar Blog

  1. ADA Grosir says:

    wiiih, keren infonya, ini dibuat secara objektif kah?

  2. tjiahendra says:

    Thanks yel… 🙂

  3. tjiahendra says:

    Thanks. Cuma tips buat temen-temen buat lebih luas wawasannya soal blog 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *