Tardigrades, Makhluk Super

Tardigrades Tardigrades

Tardigrades (dikenal dengan Water Bears) merupakan bagian dari supefilum Ecdysozoa, filum Tardigrada  Ukurannya sangat kecil, hidup di air, dengan kaki berjumlah delapan.

Tardigrades pertama kali dideskripsikan oleh Eprhaim Goeze pada tahun 1773. Nama Tardigrada berarti “pejalan lambat” yang diberikan oleh Spallanzani (1777). Panjang tubuh tardigrades dewasa adalah 1,5 mm, paling kecil ukurannya 0,1 mm, larvanya berukuran 0,05 mm.

Tardigrades bisa ditemukan di semua bagian dunia, mulai dari puncak Himalaya hingga di dasar samudera, dan dari kutub hingga di bagian ekuator. Tempat yang paling disukai adalah di tempat berganggang. Di pantai, tanah maupun di air dapat dijumpai binatang ini.

Hal yang paling menarik dari hewan ini adalah kemampuan untuk beradaptasi di lingkungan yang sangat ekstrim sekalipun. Tardigrades dapat bertahan di lingkungan yang beku (0C) hingga di tempat yang bertemperatur tinggi (151C). Bahkan dapat bertahan terhadap radiasi 1.000 kali lebih tinggi dibandingkan jumlah radiasi di mana makhluk hidup lain dapat bertahan. Oleh karena itu, tardigrades dikenal sebagai hewan yang polyextremeophiles.

Dengan kemampuan tersebut, tardigrades merupakan makhluk hidup yang dapat bertahan bila terjadi perang nuklir atau bencana alam lain yang ekstrim. Bahkan tardigrades dapat hidup selama 120 tahun dalam kondisi kering.

Kemampuan unik lainnya dari tardigrades adalah dapat bertahan di keadaan angkasa luar yang hampa udara. Pada satu penelitian di September 2007, tardigrades dapat hidup selama selama 10 hari di lingkungan luar angkasa. Tardigrades yang mengangkasa menggunakan pesawat luar angkasa FOTON-M3 oleh European Space Agency, dapat bertahan hidup dapat keadaan hampa udara, terpapar sinar kosmik, dan bahkan dapat bertahan terhadap radiasi UV matahari 1000 kali lebih tinggi dibandingkan radiasi di permukaan bumi.

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in science and tagged , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Tardigrades, Makhluk Super

  1. winda says:

    keren banget…!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Vrans says:

    Biasa Ja . . . .
    Nenek W Bisa Lebih Dari Itu!!!

  3. tjiahendra says:

    Wew, haha 😀
    Dasar…

  4. üdìñöv bòtåköv says:

    Untung itu cuma hewan dan bukan manusia,coba kalau manusia,dunia pasti sempit dan berjubel.

  5. tjiahendra says:

    Bener juga ya 😛

  6. malacostraca says:

    kirain tadi si tardigradesny punya senjata yang mematikan..
    ternyata lebih dari itu..dia punya daya tahan hidup yg luar biasa..d Indonesia ada nggak tardigradesny ?

  7. tjiahendra says:

    Ada tentunya.
    Karena tardigrades juga hidup di dasar samudra.
    Dan samudra Indonesia luas sekali.

  8. nasionaliis says:

    @malacostraca

    Kalo nyebut jangan “indon” …tolol…u orang mana sich…!!!!!!

  9. HW says:

    Hehe … benar juga ya 😛
    Saya editkan deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *