Kiamat 2012

Kiamat 2012 Kiamat 2012

Di internet saat ini tengah dibanjiri tulisan yang membahas prediksi suku Maya yang pernah hidup di selatan Meksiko atau Guatemala tentang kiamat yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012. Pada manuskrip peninggalan suku yang dikenal menguasai ilmu falak dan sistem penanggalan ini, disebutkan pada tanggal di atas akan muncul gelombang galaksi yang besar sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini.

Di luar ramalan suku Maya yang belum diketahui dasar perhitungannya, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia sejak tahun 1975. Badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik.

Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga mempengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti.

Langkah Antisipatif

Dari Matahari, miliaran partikel elektron sampai ke lapisan ionosfer Bumi dalam waktu empat hari. Dampak dari serbuan partikel elektron itu di kutub magnet Bumi berlangsung selama beberapa hari. Selama waktu itu dapat dilakukan langkah antisipatif untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan. Mengantisipasi munculnya badai antariksa itu, telah dibangun pusat sistem pemantau cuaca antariksa terpadu. Obyek yang dipantau antara lain lapisan ionosfer dan geomagnetik, serta gelombang radio. Sistem ini telah beroperasi penuh pada Januari 2009.

Langkah antisipatif yang telah dilakukan adalah menghubungi pihak-pihak yang mungkin akan terkena dampak dari munculnya badai antariksa. Kini telah ada sekitar 500 orang yang terlatih menghadapi gangguan sinyal radio. PLN dihimbau agar melakukan langkah antisipatif dengan melakukan pemadaman sistem kelistrikan agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk. Untuk itu, sosialisasi harus dilakukan pada masyarakat bila langkah itu akan diambil.

Selain itu, penerbangan dan pelayaran yang mengandalkan satelit GPS sebagai sistem navigasi hendaknya menggunakan sistem manual ketika badai antariksa terjadi, dalam memandu tinggal landas atau pendaratan pesawat terbang. Perubahan densitas elektron akibat cuaca antariksa dapat mengubah kecepatan gelombang radio ketika melewati ionosfer sehingga menimbulkan delai propagasi pada sinyal GPS. Perubahan ini mengakibatkan penyimpangan pada penentuan jarak dan posisi. Selain itu, komponen mikroelektronika pada satelit navigasi dan komunikasi akan mengalami kerusakan sehingga mengalami percepatan masa pakai, sehingga bisa tak berfungsi lagi. Saat ini telah dikembangkan pemodelan perencanaan penggunaan frekuensi untuk menghadapi gangguan tersebut untuk komunikasi radio HF & bidang navigasi.

About HW

Hallo... Nama saya Hendra, 21 tahun, berat 60 kg, tinggi 171 cm. Hehe... Kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika semester 7. Salam kenal! :)
This entry was posted in news and tagged , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Kiamat 2012

  1. januar says:

    saya sebagai orang biasa, saya tidak percaya klo pada tahun 2012 akan terjadi akhir dunia(kiamat),malaikat saja yang di ciptakan oleh cahaya tidak tau,nabi utusan allah s.w.t untuk ajaran islam tidak tau akan terjadi kiamat ,apa lg manuasia yang hidupnya hanya diuji mustahil klo dapat terjadi kiamat di tahun2012 mustahil

  2. HW says:

    Wah… jujur saya setuju dengan pendapat anda ๐Ÿ™‚
    Walaupun memang ada banyak kemungkinan akan terjadi bencana akibat peristiwa alam maupun imbas dari kecerobohan manusia, tetapi semua itu adalah hasil perkiraan para peneliti yang juga adalah manusia. Jadi, tidak dapat diyakini 100% adanya. Semuanya ada di tangan Tuhan, bagi yang berkepercayaan tentunya.

  3. C^C^G s4ndy says:

    Saia jga tak percaYa.. Emank xapa seh yg nyebarin gosip neh.. Kurang kerjaan.. Bikin was was aja.. Untg saia masi percaya TUHAN.. Huh..

  4. HW says:

    Haha ๐Ÿ˜†
    Banyak yang berpendapatan seperti ini. Terutama ilmuan & peramal.

  5. C^C^G s4ndy says:

    Hari Tuhan itu dtg seperti pencuri.. Jd, kLo Tuhan mw bwat kiamat’a bexok.. Paxti akan terjadi.. Manusia cma bxa menunggu, bkan’a di bwat was2 gara2 cerita kyak gtu.. Yg pentg dr skrg kta hrux bnyk berdoa + beribadah.. Jgn cma percaya apa yg d ktakan ama peramal atw para ilmuwan.. Coz itu bLom tentu beTuL..

  6. HW says:

    Setuju…!!! ๐Ÿ˜€

  7. Mamad says:

    Menurut saya tahun 2012 itu bukanlah kiamat , melainkan penghabisan kalender masehi . Mungkin saja para peneliti menyebarkan hoax ini untuk mencari sensasi . \m/

  8. HW says:

    Mungkin juga ya.
    Kita lihat saja nanti. ๐Ÿ˜›

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *